Mei 25, 2024

Minyak Paling Termurah Se Indonesia

Seputar konten Minyak Termurah di Indonesia

Yuk ! Moms Cek 3 Cara Membuat Minyak Kemiri

8 min read
Cara Membuat Minyak Kemiri

Cara Membuat Minyak Kemiri

Cara Membuat Minyak Kemiri – Kemiri merupakan salah satu rempah-rempah yang mengandung mineral serta vitamin seperti kalsium, kalium, magnesium, zinc, zat besi, folat, vitamin A, E,K, dan C, piridoksin, niacin dan lain sebagainya. Dikarenakan kandungan yang ada pada kemiri, maka rempah yang satu ini pun banyak digunakan dalam berbagai masakan untuk menambah rasa pada makanan dan tentu memberikan gizi. Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan kemiri, kemiri dapat diolah menjadi minyak yang akan memudahkan dalam menggunakanya dan tentunya juga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti minyak pijat, minyak rambut atau bahkan aromaterapi.

Cara Membuat Minyak Kemiri Minyak kemiri memiliki segudang manfaat dan tentu membuat minyak kemiri tidaklah sulit. Berikut beberapa cara membuat minyak kemiri sendiri di rumah dan beberapa khasiat dari minyak kemiri.

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Dipanaskan

Cara Membuat Minyak Kemiri

Cara Membuat Minyak Kemiri Tahukah Moms bahwa minyak kemiri dapat dengan mudah didapatkan dan salah satunya adalah dengan cara memanaskan kemiri. Minyak kemiri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan kulit. Minyak kemiri dapat diperoleh dari daging kemiri yang telah diekstraksi. Cara Membuat Minyak Kemiri Biji kemiri termasuk dalam golongan biji-bijian yang memiliki kandungan minyak cukup tinggi yaitu sekitar 50 hingga 66 persen dari berat biji kemiri. Menurut Jurnal Penelitian Hasil Hutan, ada beberapa cara untuk membuat minyak kemiri dan salah satunya adalah dengan memanaskan biji kemiri tersebut. Cara yang satu ini cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Cara Membuat Minyak Kemiri.

1 Siapkan biji kemiri yang telah dikupas bersih dari cangkang atau kulitnya.
2 Kemudian panaskan daging biji kemiri untuk mendapatkan minyaknya. Caranya adalah dengan mencincang daging kemiri lebih dulu untuk dapat mempercepat proses pengeringan serta meningkatkan produksi minyak pada daging kemiri.
3 Proses pemanasan dari biji kemiri dapat dilakukan dengan tiga langkah mudah berikut ini

– Masukan kemiri ke dalam oven selama kurang lebih 90 menit pada suhu oven 90 derajat Celcius untuk dapat – menghasilkan kualitas minyak kemiri yang paling baik.
– Lalu lakukan proses sangrai biji selama kurang lebih 17,5 menit.
– Jemur daging kemiri selama kurang lebih 3 hingga 5 jam.

4 Setelah proses pemanasan, maka daging kemiri pun dapat ditumbuk, digeprek atau dihancurkan. Proses ini disebut 5. sebagai pengepresan, sehingga akan menghasilkan minyak kemiri.
6. Sebelum proses pengepresan dilakukan, sebaiknya Moms kerak kemiri yang ada dipisahkan atau dibuang langsung untuk dapat mengurangi rendemen pada minyak kemiri yang akan dihasilkan.

Baca Juga  Minyak Bawang Merah Terbaik 2023 Bagi Kesehatan Gayss!

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Diperas

Cara Membuat Minyak Kemiri Jika Moms tidak memiliki oven, Moms tidak perlu khawatir karena ada Cara Membuat Minyak Kemiri  lain untuk membuat minyak kemiri dengan mudah di rumah. Cara Membuat Minyak Kemiri kedua membuat minyak kemiri adalah dengan cara diperas. Simak cara membuat minyak kemiri dengan cara diperas berikut ini.

– Pilihlah biji kemiri dengan kualitas terbaik, lalu bersihkan biji kemiri dari kulitnya dan cucu hingga bersih.
– Haluskan biji kemiri dengan blender atau food processor atau ditumbuk biasa. Pastikan bahwa biji kemiri telah ditumbuk sampai halus.
– Langkah ketiga adalah melakukan proses pemerasan biji kemiri yang telah halus. Moms bisa menambahkan air – sedikit demi sedikit sebelum menyaring kemiri, caranya mudah seperti memeras santan biasa.
– Siapkan wadah untuk mendapatkan minyak kemiri yang akan disaring.
– Saring air perasan kemiri ke dalam wadah untuk dapat memisahkan antara cairan dengan ampas kemiri.
– Pastikan wadah telah ditutup dengan rapat kemudian diamkan selama kurang lebih 24 jam atau semalaman.
– Masak air perasan kemiri hingga mengeluarkan minyaknya dan masukan minyak kemiri dalam wadah steril.

Proses membuat minyak kemiri dengan cara diperas termasuk cara membuat minyak kemiri yang cukup sederhana dan praktis untuk dilakukan di rumah. Terutama mengingat bahwa cara yang satu ini tidak membutuhkan banyak peralatan dan alat-alat yang diperlukan dapat ditemukan dengan mudah di rumah.

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Dibakar

Cara Membuat Minyak Kemiri

Cara ketiga untuk membuat minyak kemiri adalah dengan cara dibakar, cara ini sebenarnya sama seperti cara pemanasan yang telah dijelaskan sebelumnya. Akan tetapi, perbedaannya adalah membuat minyak kemiri dengan Cara Membuat Minyak Kemiri dibakar dinilai jauh lebih praktis, namun minyak akan meninggalkan bau kurang sedap seperti bau gosong. Apabila Moms ingin membuat minyak kemiri dengan cara dibakar, simak Cara Membuat Minyak Kemiri membuatnya berikut ini.

– Pilih biji kemiri dengan kualitas bagus, lalu bersihkan kemiri dari kulit dan cuci hingga bersih. Kemudian – siapkan biji kemiri berkualitas yang sudah bersih dan terkelupas dari kulitnya.
– Bakar biji kemiri hingga kemiri menjadi gosong. Proses yang satu ini sama seperti proses pembuatan arang, sehingga Moms harus memastikan bahwa kemiri telah terbakar menyeluruh hingga hitam.
– Selanjutnya, Moms bisa menghaluskan biji kemiri dengan menggunakan blender ataupun food processor hingga minyak kemiri keluar.
– Apabila Moms tidak ingin menggunakan blender, Moms juga bisa menumbuk manual dengan tangan hingga minyak kemiri keluar sendirinya.
– Setelah minyak mulai keluar, pisahkan minyak dari ampasnya dan simpan minyak kemiri dalam wadah tertutup dan steril.

Baca Juga  Wah ! Ini Dia 3 Manfaat Minyak Jagung Bagi Tubuh

Cara Menggunakan Minyak Kemiri

Tahukah Moms bahwa minyak kemiri dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Sebelumnya, minyak kemiri terkenal karena manfaatnya untuk membuat rambut menjadi lebih sehat, lebih tebal dan tampak berkilau. Berikut beberapa cara memanfaatkan minyak kemiri untuk rambut.

1. Dijadikan Sebagai Conditioner Rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut, minyak kemiri dapat dimanfaatkan sebagai conditioner rambut. Cara menggunakan minyak kemiri untuk conditioner adalah dengan membasahi rambut lebih dulu, kemudian gunakan shampo seperti biasa dan bilas rambut dengan air hingga rambut bersih. Lalu oleskan minyak kemiri seluruh rambut mulai dari batang rambut hingga ujung. Diamkan conditioner minyak kemiri selama beberapa saat dan bilas minyak dari rambut hingga bersih.

2. Merawat Kulit Kepala

Minyak kemiri tidak hanya bermanfaat untuk rambut saja, tetapi juga bermanfaat untuk merawat kulit kepala. Jika Moms memiliki kulit kepala yang kering atau bahkan sensitif, maka Moms bisa menggunakan minyak kemiri untuk merawat kulit kepala. Caranya pun cukup mudah, Moms hanya perlu mengoleskan minyak kemiri secukupnya pada kulit kepala dan pijat kulit kepala secara lembut. Jangan langsung membilas minyak, tetapi biarkan selama beberapa saat atau bahkan semalaman lalu cuci rambut dengan shampo seperti biasa.

3. Gunakan Sebelum Keramas

Cara kedua memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut adalah dengan menggunakan minyak kemiri sebagai masker rambut. Moms hanya perlu mengoleskan minyak kemiri secara merata pada rambut dan kepala Moms. Setelah mendiamkan beberapa saat selama kurang lebih 30 hingga 1 jam, Moms bisa membilas minyak kemiri dengan shampo seperti biasa.

Manfaat Minyak Kemiri

Minyak kemiri memiliki banyak kandungan seperti vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, kulit dan rambut. Berikut beberapa manfaat dari minyak kemiri untuk tubuh.

1. Membantu Menghindari Potensi Rambut Kering

Manfaat pertama dari minyak kemiri adalah memberikan kelembaban pada rambut, sehingga akan mencegah rambut menjadi kering serta kusut. Hal ini karena minyak kemiri memiliki kandungan asam amino serta asam lemak esensial yang dipercayai mampu menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Apabila Moms memiliki kondisi rambut kering, maka perawatan dengan menggunakan minyak kemiri pun bisa menjadi jawabannya.

2. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Cahaya matahari, dapat berbahaya bagi kulit atau untuk rambut, oleh karena itu diperlukan proteksi khusus untuk melindungi kulit dan juga rambut agar tetap sehat dan terjaga. Untuk menjaga kulit dari sinar matahari, Moms tentu dapat dengan mudah mengaplikasikan sunscreen, tetapi bagaimana melindungi rambut dari sinar matahari? Caranya cukup mudah, Moms dapat mengoleskan minyak kemiri pada rambut sebagai proteksi lebih.

Minyak kemiri dapat menjadi solusi untuk menjaga rambut agar tidak terpapar sinar matahari. Hal ini karena minyak kemiri memiliki kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E dikenal mampu menjaga kerusakan pada kulit, termasuk kulit kepala yang diakibatkan oleh paparan dari sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Dengan adanya vitamin E, maka minyak kemiri dapat bekerja secara efektif untuk membantu menetralisir radikal bebas serta menjaga sel membrane dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Baca Juga  Yuk Cek k7 Jenis Minyak selain Sawit Ynag Terbaik

3. Membantu Mengobati Ketombe

Salah satu permasalahan rambut yang sering ditemui dan banyak dialami adalah ketombe pada kulit kepala tentu akan membuat kepala menjadi gatal dan membuat penampilan menjadi buruk, rambut pun akan tampak lembab dan juga mudah lepek karena ketombe.

Akan tetapi, permasalahan ketombe dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri memiliki kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai anti radang, maka artinya kandungan tersebut dapat membantu mengurangi produksi ketombe yang diakibatkan oleh adanya peradangan pada kulit kepala.

4. Membantu Mengatasi Gejala Psoriasis

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, minyak kemiri juga dapat membantu mengatasi gejala psoriasis. Psoriasis adalah peradangan terjadi pada kulit dan dapat menyebabkan kondisi kulit menjadi menebal, beisisik, mudah terkelupas dan terkadang muncul rasa gatal. Pada umumnya, psoriasis akan lebih banyak muncul di bagian siku, lutut, punggung bagian bawah dan juga kulit kepala. Sementara itu, tanda adanya penyakit psoriasis adalah kulit menjadi bersisik, raas gatal hingga kondisi rambut yang mudah rontok.

Gejala dari psoriasis ini dapat diatasi dengan menggunakan pelembab khusus untuk kulit kepala yang memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan serta rasa gatal. Dengan bantuan minyak kemiri, maka dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal pada kulit kepala. Akan tetapi ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa khasiat dari minyak kemiri hanya berguna untuk mengatasi gejala penyakit psoriasis dalam skala kecil saja.

5. Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Minyak kemiri mengandung asam linolenat, asam oleat dan juga kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta kolesterol darah. Seperti yang Moms ketahui bahwa kolesterol dan penyakit jantung merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung. Selain itu, tingginya kandungan kalium yang ada pada minyak kemiri juga memiliki peran penting dalam sintesis protein dan metabolisme karbohidrat pada tubuh manusia.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak kemiri dipercaya mampu memberikan perawatan kulit yang baik. Hal ini karena minyak kemiri mengandung asam linoleat yang mampu memberi efek anti radang dan antioksidan. Adanya kandungan tersebut, membuat minyak kemiri dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada bagian kulit dan juga dapat memperbaiki lapisan kulit paling luar dan skin barrier. Selain itu, asam linoleat yang ada pada minyak kemiri juga dapat menyamarkan keriput dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan mampu memberikan rangsangan pada regenerasi kulit.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara membuat minyak kemiri dengan mudah di rumah dan beberapa manfaat dari minyak kemiri. Semoga setelah mengetahui manfaat dari minyak kemiri, kamu juga semakin rutin untuk menggunakan minyak kemiri. Dan jika Moms masih penasaran dengan manfaat minyak lainnya Moms bisah kok kunjugu artikel mimin lainnya hanya di sini oke Moms. Nah sampai di sini dulunya Moms pembahasan kita kali ini dan samapi jumpa di artikel selanjutnya. Selamat mencoba 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.